Friday, March 16, 2018

TENGKLENG RICA-RICA KAMBING PAK MANTO Sedap dan Nikmat Bumbunya Terasa Lama Di Lidah

TENGKLENG RICA-RICA KAMBING, Begitu mendengar kita akan membayangkan aroma dan rasa hangatnya, sangat menggiurkan. Kuliner ini termasuk olahan dari masakan khas berbahan dasar daging dan tulang kambing. Bagi penikmat Tengkleng, atau pecinta kuliner secara keseluruhan setiap menu yang disajikan di setiap tempat akan berbeda rasanya.

Untuk di wilayah Kota Semarang, Tengkleng Rica Pak Manto layak jadi rekomendasi. Warung Sate dan Tengkleng Kambing Pak Manto ini terletak di Pujasera ventura Jl Ki Mangun Sarkoro atau depan Stadion Diponegoro.

Aroma rempah merica, terasa segar memasuki indra penciuman kita saat memasuku warung yang tampak bersih ini. Layaknya rica pada umumnya, Tengkleng Rica ini berwarna coklat kecap setelah dipadukan dengan bumbu-bumbu serta lalapan tomat dan kubis.

Pemilik Warung Sate dan Tengkleng Kambing Pak Manto cabang Semarang, Mila menuturkan Tengkleng Rica ini mejadi banyak diburu pecinta kuliner. Selain itu pihaknya juga menyediakan menu lain yakni, Tengkleng Segar, Tongseng, sate Tusuk dan lain-lain. Yang jadi andalan di warung ini adalah Tengkleng Rica. Karena menu tersebut hanya satu-satunya di semarang.
Pelanggan yang sering membeli Rica Tengkleng, kata dia, umumnya mencari rasa yang  pedas.  

Sementara bumbu dari menu Tengkleng Rica sendiri banyak. Terdiri diantaranya dari daun salam, seraui , laos, jahe, garam. Kunir, bumbu giling untuk Tengkleng Segarnya lalu tambahan bumbu lain untuk Tengkleng Ricanya. “Kalau yang udah matang ditambahi merica dan garam tanpa machine. Karena kalau rica umumnya itu kan pedas ya, jadi ditambahi rempah merica dan cabai,” ujar Mila.

Cara memasak Tengkleng Rica juga berbeda dengan Tengkleng Segar pada umumnya, cara memasaknya dengan di proses dua kali. Pertama itu masih Tengkleng Segar yaitu Tengkleng kuah bias. Nah untuk mengolah Tengkleng Rica kemudian dimasak lagi dengan tambahan bumbu lain. Proses masak rica itu kuah nyemek, ibaratnya dimasak lagi sambil menghabiskan kuah tengkleng tersebut.

Bila ingin rasa yang pedas, kita cukup memesan kepada koki dan dapat memilih rasa sedang padas, atau pedas banget.

No comments:

Post a Comment